Manfaat Teh Hijau Bagi Ibu Hamil

Respons: 2 komentar
Hal ini sangat penting untuk memantau kesehatan ibu hamil untuk menjamin kesehatan ibu dan bayi. Beberapa ibu hamil cukup cemas karena berbagai macam perubahan yang terjadi dalam tubuh mereka. Dokter sering merekomendasikan diet rejimen bagi ibu hamil dan jika Anda berada di antara wanita-wanita hamil di luar sana, Maka anda harus ekstra hati-hati dengan konsumsi makanan Anda untuk mencegah masalah atau komplikasi.

Menurut beberapa penelitian, meminum teh hijau terlalu banyak saat hamil itu tidak baik. Mengapa demikian? Nah, para dokter dan peneliti dapat membuktikan bahwa teh hijau itu mengandung kafein. Konsumsi kafein tidak dianjurkan saat hamil karena efek samping tertentu.
Meskipun banyak manfaat kesehatan dari teh hijau yang meliputi mencegah kanker, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu pencernaan, menurunkan kolesterol, kesehatan gigi, mengurangi tingkat kadar gula dalam darah, dan banyak lainnya, tidak dianjurkan untuk minum teh hijau untuk ibu hamil.


Penelitian telah membuktikan bahwa teh hijau mengandung EGCG atau epigallocatechins yang dapat mempengaruhi pemakaian asam folat dalam tubuh. Asam folat sangat penting saat hamil karena dapat membantu mencegah cacat lahir dalam tabung saraf. EGCG dapat berbahaya pada masa kehamilan karena menyerupai struktur metotreksat. Dan yang terakhir ini dapat menyingkirkan sel-sel kanker dengan ikatan enzim yang disebut DHFR atau reduktase dihydrofolate.


Jalan asam folat mengandung enzim-enzim dan sejak EGCG ini mirip dengan methotrexate, juga terikat dengan enzim dan disaat itu terjadi maka enzim tidak aktif. Begitu enzim tidak aktif tubuh tidak bisa menggunakan asam folat secara efektif.


Selain itu, sudah ada penelitian yang membuktikan kafein dapat menyebabkan keguguran dan berat lahir rendah pada bayi. Meminum sekitar enam cangkir kopi per hari jelas dapat mempengaruhi berat badan bayi saat lahir. Jika Anda tidak ingin bayi Anda menderita, Anda dapat meminum secangkir kopi per hari atau anda inginkan, Anda hanya dapat menghentikan meminum kopi. Karena kandungan kafein dalam teh hijau lebih rendah dibandingkan kopi sehingga Anda dapat meminum lebih dari satu gelas, tetapi seperti dikatakan sebelumnya, tanyakan dokter Anda terlebih dahulu.


Kehamilan hanya membutuhkan waktu sembilan bulan dan anda harus menikmatinya. Bahkan jika Anda mengalami banyak perubahan tubuh, pikirkan bahwa Anda akan bersukacita disaat bayi berharga akan datang. Jika Anda dapat menghindari minum minuman caffeined, kemudian cobalah untuk menjauh dari mereka.


Walaupun manfaat kesehatan dari teh hijau yang luar biasa, belum ada penelitian yang menetapkan jumlah yang tepat mengkonsumsi teh hijau terutama di kalangan ibu hamil. Jika anda tidak hamil dan anda tidak memiliki masalah yang berhubungan dengan asupan kafein, maka Anda bisa minum teh sebanyak yang anda suka.


Sekarang, berhati-hati dalam minum teh hijau, mungkin Anda bisa puas dengan secangkir kecil setiap hari, lain hanya untuk memuaskan rasa dahaga Anda. Ketika Anda merasakan sesuatu yang tidak normal, cari bantuan dari dokter Anda. Selain itu, hanya selama sembilan bulan dan setelah itu anda dapat melanjutkan lagi untuk minum teh. Selain tidak mengambil minuman berkafein, Anda juga tidak diperkenankan mengambil sembarang jenis obat karena bisa berbahaya bagi bayi Anda.


Tak perlu dikatakan selalu pikirkan keselamatan bayi Anda sebelum Anda melakukan apa pun.
Dan selalu diingat bahwa kesehatan Anda dan bayi Anda sangat penting.

2 komentar:

  1. Yuni Verratu2/09/2012

    Baru tau setelah membaca ini...sangat bermanfaat, jadi bisa persiapan sebelum saatnya nanti,heheee

    BalasHapus
  2. siiipp..
    terima kasih mbak yuni

    BalasHapus

jangan lupa komentarnya ya....!!!!
Terima Kasih Atas Kunjungannya

Copyright © Kang Topek

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog